10 tanaman langka

BAYUR

Kingdom: Plantae
Filum: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae atau Sterculiaceae
Upafamili: Dombeyoideae
Genus: Pterospermum
Spesies: P. javanicum
Bayur, bayor atau wadang (Pterospermum javanicum) adalah sejenis pohon penghasil kayu pertukangan berkualitas baik. Bayur hidup di hutan dataran rendah, dan juga hutan-hutan sekunder, di bawah 1.000 m dpl. Tidak jarang pula dijumpai di hutan-hutan tepi sungai dan hutan pantai. Biji-bijinya memencar dengan bantuan angin. Tumbuh dengan sendirinya di kebun-kebun wanatani yang berdekatan, bayur biasanya dibiarkan hidup hingga besar untuk dipanen kayunya yang berharga.

Meski umum ditemukan pada tanah lembab yang tidak tergenang air, bayur juga tumbuh baik pada tanah-tanah kering di dalam hutan hujan gugur daun di atas tanah liat, tanah pasir atau tanah liat berpasir. Bayur hidup pada iklim basah hingga kemarau agak kering, dengan tipe curah hujan A-C.

Pohon bayur, tingginya dapat mencapai 45 m dan gemang batangnya 1 m. Pepagan berwarna keabu-abuan, halus hingga memecah dangkal. Ranting-ranting berambut halus. Daun tunggal terletak berseling, bertangkai pendek, 3–6 mm. Helaian daun bundar telur sampai lanset, sekira 4–14 x 2,5–7 cm, dengan ujung meluncip dan pangkal asimetris: sebelah membundar dan sebelahnya menyempit runcing. Sisi atas hijau terang, sisi bawah daun berambut bintang halus kecoklatan, pada pangkal dengan tiga tulang daun.
Perbungaan berupa malai terminal atau di ketiak. Bunga panjang hingga 6 cm, kuning, berambut halus. Buah kotak silindris, 5–13 x 2–5 cm, mula-mula berambut halus kemudian gundul. Bijinya banyak dan bersayap.

Manfaat
Bayur terutama dimanfaatkan kayunya yang dipujikan berkualitas baik, dan karenanya menjadi salah satu jenis kayu penting di luar jati dan jenis-jenis dipterokarpa. Kayu bayur kerap digunakan untuk konstruksi bangunan seperti rumah, perahu, dibuat balok dan papan, bahkan juga untuk membuat jembatan. Akan tetapi kayu ini tidak begitu awet, sehingga dianjurkan untuk digunakan hanya di bawah naungan atap dan dihindarkan dari sentuhan dengan tanah. Kayu bayur juga sering dimanfaatkan dalam pembuatan mebel dan perkakas rumah tangga.

Pada masa lalu, kulit kayunya juga diperdagangkan sebagai subal (pengganti) kulit kayu soga (Peltophorum pterocarpum) yang mahal. Kulit kayu bayur ini di pasar disebut sebagai kulit kayu Timor.

Sifat-sifat kayu
Kayu teras bayur berwarna merah pucat, merah-coklat muda, hingga keungu-unguan atau semu lembayung. Kayu gubalnya putih kotor hingga kelabu. Berat jenis kayu bayur berkisar antara 0,35–0,70 (rata-rata 0,53), dan dimasukkan ke dalam kelas kuat III. Kayu ini termasuk mudah dikerjakan dengan hasil yang baik; walaupun teksturnya agak kasar, namun permukaan kayu yang dihasilkan umumnya licin dan berkilap. Kayu ini mudah dipelitur, dan mudah dijadikan venir (lembaran tipis bahan kayu lapis).


DAMAR

Kingdom: Plantae
Divisi: Pinophyta
Kelas: Pinopsida
Ordo: Pinales
Famili: Araucariaceae
Genus: Agathis
Spesies: A. damma
Pohon damar (Agathis dammara) adalah sejenis pohon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina (Palawan dan Samar). Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Getah damar ini diolah untuk dijadikan kopal.

Pohon damar, tingginya mencapai 65m; berbatang bulat silindris dengan diameter yang mencapai lebih dari 1,5 m. Pepagan luar keabu-abuan dengan sedikit kemerahan, mengelupas dalam keping-keping kecil. Daun berbentuk jorong, 6–8 × 2–3 cm, meruncing ke arah ujung yang membundar. Damar tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.200 m dpl.
Manfaat
Damar teristimewa ditanam untuk diambil resinnya, yang diolah menjadi kopal. Resin ini adalah getah yang keluar tatkala kulit (pepagan) atau kayu damar dilukai. Getah akan mengalir keluar dan membeku setelah kena udara beberapa waktu lamanya. Lama-kelamaan getah ini akan mengeras dan dapat dipanen; yang dikenal sebagai kopal sadapan. Getah juga diperoleh dari deposit damar yang terbentuk dari luka-luka alami, di atas atau di bawah tanah; jenis yang ini disebut kopal galian.

Pada masa lalu resin damar terutama dihasilkan dari tegakan-tegakan alam di Maluku dan Sulawesi. Kini kopal juga dihasilkan dari hutan-hutan tanaman Perhutani di Jawa.

Kayu damar berwarna keputih-putihan, tidak awet, dan tidak seberapa kuat. Di Bogor dan di Sulawesi Utara, kayu ini hanya dimanfaatkan sebagai papan yang digunakan di bawah atap. Kerapatan kayunya berkisar antara 380–660 kg/m³. Kayu damar diperdagangkan di Indonesia dengan nama kayu agatis.

Pohon damar juga disukai sebagai tumbuhan peneduh taman dan tepi jalan (misalnya di sepanjang Jalan Dago, Bandung). Tajuknya tegak meninggi dengan percabangan yang tidak terlalu lebar.


CENDANA

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Santalales
Famili: Santalaceae
Genus: Santalum
Spesies: S. album
Ditinjau dari bahasa Belanda (sandelhout) dan bahasa Inggrisnya (sandalwood), kayu cendana diyakini berasal dari NTT khususnya Pulau Sumba. Hal ini dapat dilihat dari julukan Pulau Sumba, Sandalwood Island. Julukan ini dibawa turun temurun dari zaman penjajahan Jepang dan Belanda hingga sekarang.
Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9. Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.
Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.
Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap yang paling bagus kualitasnya. Di Indonesia, kayu cendana dari Timor juga sangat dihargai. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya, dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda.
Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana, yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni, digunakan terutama untuk penyembuhan cara Ayurveda, dan untuk menghilangkan rasa cemas.


EDELWEISS JAWA
Kingdom: Plantae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Anaphalis
Spesies: A. javanica
Anaphalis javanica, yang dikenal secara populer sebagai Edelweiss jawa (Javanese edelweiss), adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Nusantara. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 8 m dan dapat memiliki batang sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 m. Tumbuhan ini sekarang dikategorikan sebagai langka.
Edelweis merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Bunga-bunganya, yang biasanya muncul di antara bulan April dan Agustus, sangat disukai oleh serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan, dan lebah terlihat mengunjunginya.
Jika tumbuhan ini cabang-cabangnya dibiarkan tumbuh cukup kokoh, edelweis dapat menjadi tempat bersarang bagi burung tiung batu licik Myophonus glaucinus. Bagian-bagian edelweis sering dipetik dan dibawa turun dari gunung untuk alasan-alasan estetis dan spiritual, atau sekedar kenang-kenangan oleh para pendaki. Pada bulan Februari hingga Oktober 1988, terdapat 636 batang yang tercatat telah diambil dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang merupakan salah satu tempat perlindungan terakhir tumbuhan ini. Dalam batas tertentu dan sepanjang hanya potongan-potongan kecil yang dipetik, tekanan ini dapat ditoleransi. Di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tumbuhan ini dinyatakan punah.

Sayangnya keserakahan serta harapan-harapan yang salah telah mengorbankan banyak populasi, terutama populasi yang terletak di jalan-jalan setapak. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa edelweis dapat diperbanyak dengan mudah melalui pemotongan cabang-cabangnya. Oleh karena itu potongan-potongan itu mungkin dapat dijual kepada pengunjung untuk mengurangi tekanan terhadap populasi liar.


PADMA RAKSASA
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rafflesiales
Famili: Rafflesiaceae
Genus: Rafflesia
Spesies: R. arnoldii
Padma raksasa (Rafflesia arnoldii) merupakan tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis. Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan). Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Jenis ini, bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya, terancam statusnya akibat penggundulan hutan yang dahsyat. Di Pulau Jawa tumbuh hanya satu jenis patma parasit, Rafflesia patma.
Rafflesia arnoldii merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Rafflesia arnoldii menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma. Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai "tanaman" adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma. Rafflesia arnoldii mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga. Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati. Presentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.

KEPUH
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Sterculia
Spesies: S. foetida
Kepuh atau kelumpang (Sterculia foetida) adalah sejenis pohon kerabat jauh kapuk randu. Tinggi dengan batang besar menjulang, pohon ini kerap didapati di hutan-hutan pantai. Di Bali dan juga di Jawa, pohon yang lekas tumbuh ini banyak ditemukan di pemakaman.
Manfaat
Kayunya berwarna putih keruh, ringan, dan kasar; tidak kuat, tidak awet, serta tidak tahan terhadap serangan serangga. Kayu ini, meskipun mudah didapatkan dalam ukuran besar, kurang baik untuk bangunan karena mudah rusak. Biasanya digunakan untuk membuat biduk, peti pengemas, dan batang korek api. Namun begitu, pohon kepuh yang tua dapat menghasilkan kayu teras bergaris-garis kuning yang cukup baik untuk membuat perahu dan peti mati. Mungkin juga kayunya ini cocok untuk mebel.
Daun-daunnya konon digunakan untuk mengobati demam, mencuci rambut, dan sebagai tapal untuk meringankan sakit pada kaki dan tangan yang terkilir atau patah tulang. Kulit kayunya diseduh sebagai obat penggugur kandungan (abortivum).
Kulit buahnya yang tebal dibakar hingga menjadi abu, dan digunakan untuk memantapkan warna yang dihasilkan oleh kesumba. Air rendaman abu ini juga digunakan sebagai obat penyakit kencing nanah.
Biji kepuh mengandung minyak (khas, karena testanya juga mengandung minyak, selain pada embrio). Sebagaimana dicatat oleh Heyne, inti bijinya mengandung 40% minyak kuning muda yang tak mengering. Biji-biji ini disangrai untuk dimakan atau dibuat sambal.
Biji kepuh dulu juga acap dikempa untuk diambil minyaknya, yang berguna sebagai minyak lampu, minyak goreng, atau, di Kangean, sebagai malam untuk membatik. Mengandung senyawa racun, biji ini juga dimanfaatkan sebagai obat (bahan jamu).


GANDARIA
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Bouea
Spesies: B. macrophylla
Gandaria (Bouea macrophylla) atau nama lokal lainnya jatake adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand.
Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan.

Gandaria mempunyai ketinggian hingga 27 m dengan tajuk rapat. Daunnya tunggal, berbentuk bundar telur-lonjong sampai bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, kemudia berangsur ungu tua, lalu menjadi hijau tua. Perbungaannya malai, muncul di ketiak daun, Buahnya bertipe buah batu, berbentuk agak bulat, berdiameter 2,5-5 cm, berwarna kuning sampai jingga, daging buahnya mengeluarkan cairan kental; buahnya tidak berbulu, rasanya asam sampai manis, dengan bau yang khas agak mendekati bau terpentin. Keping biji berwarna lembayung.

Gandaria adalah tumbuhan tropik basah dan dapat tumbuh pada tanah yang ringan dan subur. Tumbuh liar di hutan dataran rendah di bawah 300 m dpl., tetapi dalam pembudidayaan telah berhasil ditanam pada ketinggian sekitar 850 m dpl.


BUNGA LAWANG

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Austrobaileyales
Famili : Illiciaceae
Genus : Illicium
Spesies : I. Verum
Bunga lawang atau Kulit lawang adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina yaitu ngo hiong yang terdiri dari lima jenis rempah.

Nama Bunga Lawang dalam Bahasa Cina adalah ba jiao atau bat gok yang memiliki arti "delapan tanduk", sesuai dengan bentuknya yang memiliki delapan kelopak. Bunga Lawang mempunyai bau khas yang kuat. Dari asalnya di Cina, rempah ini mulai diperkenalkan di Eropa pada awal abad ke-17 dan sejak saat itu mulai meraih popularitas. Minyak yang dihasilkan dijadikan bahan perisa dalam minuman. Bunga Lawang sebenarnya bukannya bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 8 meter. Ia mempunyai bunga yang cantik berwarna kuning. Bunga lawang berkembang-biak melalui biji benih. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.
Manfaat
Bunga lawang dijadikan rempah untuk menjadi penyedap rasa untuk makanan, sama seperti kulit kayu manis dan bunga cengkeh. Bunga lawang juga banyak dipakai dalam masakan India yang kaya rempah misalnya untuk kari. Bangsa Thailand, Vietnam, dan Indonesia juga banyak memakai bunga lawang untuk penyedap masakan. Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya saja gulai Aceh, Rendang Padang, masakan Jawa, dan Bali.
Selain menyedapkan masakan, bunga lawang juga memiliki khasiat kesehatan. Bumbu ini baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan memiliki fungsi diuretik atau melancarkan saluran kencing. Selain itu digunakan juga untuk pengobatan tradisional di Asia, contohnya untuk sakit sendi. Bunga lawang juga sering dimanfaatkan untuk minuman tradisional seperti jamu dan campuran minum teh. Salah satunya adalah minuman teh khas Thailand yang merupakan campuran teh hitam dan bubuk bunga lawang. Teh dari bunga lawang juga bisa dijadikan obat batuk. Minyaknya juga bisa mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung. Kandungan asam shikimat (shikimic acid) dalam bunga lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat obat antiflu burung,tamiflu. Hal ini menyebabkan stoknya sempat menghilang dari pasaran dan harganya melambung.


KAYU HITAM
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Ericales
Famili : Ebenaceae
Genus : Diospyros
Spesies : D. Celebica
Diospyros Celebica adalah nama kayu hitam yang berasal dari sulawesi selatandari spesies eboni (Ebenaceae). Anggotanya di seluruh dunia mencapai sekitar 450-500 spesies pohon dan perdu yang selalu hijau atau sebagian ada pula yang menggugurkan daun. Kebanyakan tumbuhan ini berasal dari daerah tropis, dan hanya beberapa spesies yang tumbuh di daerah beriklim sedang.Tetapi jenis kayu hitam ini berbeda dengan spesies kayu hitam yang ada di seluruh dunia. Diospyros Celebica memiliki ciri khas yaitu Pohon yang lurus dan tegak dengan tinggi sampai dengan 40 m. Diameter batang bagian bawah dapat mencapai 1 m. Kulit batangnya beralur, mengelupas kecil-kecil dan berwarna coklat hitam. Pepagannya berwarna coklat muda dan di bagian dalamnya berwarna putih kekuning-kuningan.
Daun tunggal terletak berseling, berbentuk jorong memanjang, dengan ujung meruncing, permukaan atasnya mengkilap, seperti kulit dan berwarna hijau tua, permukaan bawahnya berbulu dan berwarna hijau abu-abu.enis ini hanya terdapat di Sulawesi di hutan primer pada tanah liat, pasir atau tanah berbatu-batu yang mempunyai drainase baik, dengan ketinggian mencapai 600 m dpl. Secara alami, kayu hitam Sulawesi ditemukan baik di hutan hujan tropika maupun di hutan musim. Kayu ini telah diekspor ke luar negeri semenjak abad ke-18.
Karena perkembangan populasi yang lambat dan karena tingginya tingkat eksploitasi di alam, kini kayu hitam Sulawesi telah terancam kepunahan. Ekspor kayu ini mencapai puncaknya pada tahun 1973 dengan jumlah sekitar 26,000 m3, dan kemudian pada tahun-tahun berikutnya terus menurun karena kekurangan stok di alam.


KANTONG SEMAR
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Caryophyllales
Famili : Nephenthaceae
Genus : Nepenthes
Spesies : N. alata
Kantong semar, termasuk dalam genus nepenthes dan familia monotipik , terdiri dari 80-100 spesies, baik yang alami maupun hibrida. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra.

Kantong semar adalah tanaman unik. Tanaman karnivora ini termasuk tanaman langka yang dilindungi, hal tersebut dikarenakan kantong semar semakin langka karena adanya pembukaan hutan dan banyaknya orang yang memburu keberadaannya, tanpa mencoba untuk melestarikannya.

Di Indonesia banyak sebutan diberikan pada tanaman karnivora ini, ada yang menyebut kantong semar, periuk monyet, kantong beruk, ketakung, sorok raja mantra dan masih banyak lagi. Tanaman merambat ini hidup di tanah-tanah lembap yang sedikit nutrisi makanan/ miskin hara. Namun ada juga yang menempel pada tanaman inang (epifit). Keindahan tanaman ini dapat dilihat dari Kantongnya yang merupakan ujung daun yang berbentuk kantong dan berfungsi menjadi perangkap serangga atau binatang kecil lainnya.

Perbanyakan tanaman Nepenthes dilakukan melalui stek batang, biji dan memisahkan anakan. Umumnya Nepenthes yang hidup terrestrial di dataran rendah tumbuh di tempat-tempat yang berair atau dekat sumber air pada substrat yang bersifat asam. Nepenthes juga membutuhkan cahaya matahari intensif dengan panjang siang hari antara 10-12 jam setiap hari sepanjang tahun, dengan suhu udara antara 23-31°C dan kelembaban udara antara 50-70%. Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya.
Posted on 04.22 by decky28 and filed under | 0 Comments »

Deskripsi Sekolah Bhs. Inggris

Our School

Let me tell you about our school. Our school is SMA X. It is located at X. It is builded on X. SMA X is very interesting because it has many achievment and it is one of the school that receive the Adiwiyata achievment. Adiwiyata is an achievment that given at national standard. It is one of the best school in our town.
Our school is very big, beautiful, and clean. It has a very beautiful garden with many kinds of plant. It has a large basketball field in the middle and 21 classrooms to study. It has 5 kind of laboratories for chemistry, biology, physics, language, and computer. The library is near the Teachers room. The library is very clean and has a lot of science books. SMA X has three art rooms, there are music room, fine art room, and dance room. The students parking area is in the left of the school and the teachers parking area is in the right of the school. The canteen is in the behind of the school. It is the students most special place to have a good time.
SMA X has strict rules, if the students or teachers make a mistake, usually the head master give them a point. So the students and the Teachers in our school is very discipline and smart. Our school has many kind extracuriculer, such us PMR, KIR, Pramuka, Multimedia, and etc. Extracuriculer can make students develope their talent.
SMA X is the interesting and beautiful school. This school make we happy and enjoy. The class room is very neat, clean, and comfortable to have a lesson. The teachers in our school is very smart and fun. We always proud with this school. I hope our school always be the best school in our town and get many achievment.
Posted on 04.18 by decky28 and filed under | 1 Comments »

Karangan Argumentasi

“Kerangka Karangan Argumentasi”

Topik : Ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi siswa.
Tujuan : Menyakinkan pembaca bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi siswa.
Kerangka :
1. Pendahuluan
• Pengertian ekstrakurikuler
2. Isi
• Manfaat ekstrakurikuler
• Tujuan ekstrakurikuler
• Jenis-jenis ekstrakurikuler
• Penyebab siswa malas ikut ekstrakurikuler
3. Penutup
• Kesimpulan
• Saran

“PENTINGNYA EKSTRAKURIKULER”

Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa sekolah, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan dari ekstrakurikuler dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif.
Ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini dikarenakan, ekstrakurikuler dapat menyalurkan bakat dan kreatifitas siswa. Selain itu, ekstrakurikuler dapat menghidarkan siswa dari kegiatan yang kurang bermanfaat. Apalagi, ekstrakurikuler dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Sehingga, dengan ekstrakurikuler akan tercipta siswa yang bersikap mandiri dan berpikir cerdas. Siswa tidak perlu cemas soal biaya untuk ekstrakurikuler. Karena, ekstrakurikuler tidak memerlukan biaya yang mahal.
Ada berbagai macam jenis ekstrakurikuler antara lain PMR, PKS, KIR, pramuka, seni, olahraga dan lain-lain. Dengan banyaknya jenis ekstrakurikuler tersebut, siswa akan lebih mudah memilih untuk menyalurkan bakat dan minatnya. Dalam setiap jenis ekstrakurikuler, siswa akan melakukan kegiatan yang menyenangkan, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.
Namun, meski banyak sekali manfaat dari ekstrakurikuler, masih banyak siswa yang tidak bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dikarenakan, banyak siswa menganggap ekstrakurikuler adalah kegiatan yang membosankan. Selain itu, banyak siswa lebih suka melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. Apalagi, semakin majunya teknologi, banyak siswa malas mengembangkan bakat dan ketrampilannya.
Dengan demikian, dapat di tarik kesimpulan bahwa ekstrakurikuler tidak memerlukan biaya yang mahal dan mempunyai banyak manfaat yang penting bagi siswa. Selain itu, ada banyak jenis ekstrakurikuler yang dapat dipilih siswa sesuai dengan bakat masing-masing siswa. Namun demikian, masih banyak siswa yang belum mengetahui manfaat dari ekstrakurikuler. Oleh karena itu, sebaiknya siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan sungguh-sungguh, agar siswa dapat mengetahui manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler, serta dapat menyalurkan dan meningkatkan bakat dan ketrampilannya.
Posted on 04.16 by decky28 and filed under | 0 Comments »

Pidato

“Kerangka Teks Pidato”

Topik : Pengaruh internet terhadap siswa.
Tujuan : Mengajak pendengar untuk mengakses internet untuk hal yang positif.
Kerangka :
1. Pendahuluan
• Pengertian internet
2. Isi
• Pentingnya mengakses internet
• Akses internet murah dan mudah
• Dampak positif dan negatif internet
3. Penutup
• Kesimpulan
• Saran

Assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Yang terhormat Kepala Sekolah SMA N 2 Wonosari
Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan karyawan SMA N 2 Wonosari,
Serta yang saya cintai seluruh siswa SMA N 2 Wonosari
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di halaman SMA N 2 Wonosari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
Hadirin yang terhormat,
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun SMA N 2 Wonosari yang ke-33 ini, perkenankanlah saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang “Pengaruh Internet Terhadap Siswa”.
“Internet”, kata yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Hampir semua orang pernah mengakses internet. Internet merupakan sarana penyampaian informasi yang paling efektif dan efisien. Internet juga sering disebut sebagai dunia informasi tanpa batas, karena di dalamnya terdapat berbagai macam informasi yang melimpah dari berbagai belahan dunia.
Mengakses internet memang sangat penting. Hal ini dikarenakan, informasi-informasi tentang berita terkini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan seorang siswa. Selain itu, hiburan yang ada dalam internet dapat mengusir rasa penat dan jenuh yang dirasakan siswa. Sehingga, dengan mengakses internet kreatifitas dan prestasi siswa dapat berkembang dengan pesat.
Mengakses internet sangatlah mudah. Dikatakan mudah karena, hampir disetiap kota maupun desa pasti ada jasa internet atau “Warnet”. Selain itu, dengan hanya bermodalkan HP kita juga bisa mengakses internet. Mengakses internet juga sangat murah, karena dengan biaya yang sedikit kita bisa mendapatkan informasi yang melimpah.
Internet mempunyai banyak dampak positif misalnya, kita dapat meningkatkan wawasan, kreatifitas, dan juga prestasi siswa melalui informasi-informasi yang ada pada internet. Selain itu, siswa dapat menghilangkan rasa penat dan jenuh dengan hiburan yang ada pada internet dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Namun, selain mempunyai dampak positif, internet juga mempunyai dampak negatif misalnya, semakin banyaknya game-game online membuat siswa jadi malas belajar. Selain itu, karena mudahnya internet diakses oleh siapapun, siswa menjadi mudah untuk mengakses situs-situs berbau porno.
Kesimpulannya bahwa, internet sangatlah penting dan mempunyai banyak kegunaan bagi siswa untuk meningkatkan prestasi dan kreatifitas dalam belajar. Namun demikian, internet juga mempunyai dampak negatif bagi siswa jika disalah gunakan untuk hal-hal yang negatif. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas internet ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan dapat memberi motivasi terhadap siswa agar menggunakan fasilitas internet untuk hal-hal yang postif. Apabila ada salah kata saya mohon maaf.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Posted on 04.12 by decky28 and filed under | 0 Comments »