Pidato

“Kerangka Teks Pidato”

Topik : Pengaruh internet terhadap siswa.
Tujuan : Mengajak pendengar untuk mengakses internet untuk hal yang positif.
Kerangka :
1. Pendahuluan
• Pengertian internet
2. Isi
• Pentingnya mengakses internet
• Akses internet murah dan mudah
• Dampak positif dan negatif internet
3. Penutup
• Kesimpulan
• Saran

Assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Yang terhormat Kepala Sekolah SMA N 2 Wonosari
Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan karyawan SMA N 2 Wonosari,
Serta yang saya cintai seluruh siswa SMA N 2 Wonosari
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di halaman SMA N 2 Wonosari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
Hadirin yang terhormat,
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun SMA N 2 Wonosari yang ke-33 ini, perkenankanlah saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang “Pengaruh Internet Terhadap Siswa”.
“Internet”, kata yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Hampir semua orang pernah mengakses internet. Internet merupakan sarana penyampaian informasi yang paling efektif dan efisien. Internet juga sering disebut sebagai dunia informasi tanpa batas, karena di dalamnya terdapat berbagai macam informasi yang melimpah dari berbagai belahan dunia.
Mengakses internet memang sangat penting. Hal ini dikarenakan, informasi-informasi tentang berita terkini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan seorang siswa. Selain itu, hiburan yang ada dalam internet dapat mengusir rasa penat dan jenuh yang dirasakan siswa. Sehingga, dengan mengakses internet kreatifitas dan prestasi siswa dapat berkembang dengan pesat.
Mengakses internet sangatlah mudah. Dikatakan mudah karena, hampir disetiap kota maupun desa pasti ada jasa internet atau “Warnet”. Selain itu, dengan hanya bermodalkan HP kita juga bisa mengakses internet. Mengakses internet juga sangat murah, karena dengan biaya yang sedikit kita bisa mendapatkan informasi yang melimpah.
Internet mempunyai banyak dampak positif misalnya, kita dapat meningkatkan wawasan, kreatifitas, dan juga prestasi siswa melalui informasi-informasi yang ada pada internet. Selain itu, siswa dapat menghilangkan rasa penat dan jenuh dengan hiburan yang ada pada internet dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Namun, selain mempunyai dampak positif, internet juga mempunyai dampak negatif misalnya, semakin banyaknya game-game online membuat siswa jadi malas belajar. Selain itu, karena mudahnya internet diakses oleh siapapun, siswa menjadi mudah untuk mengakses situs-situs berbau porno.
Kesimpulannya bahwa, internet sangatlah penting dan mempunyai banyak kegunaan bagi siswa untuk meningkatkan prestasi dan kreatifitas dalam belajar. Namun demikian, internet juga mempunyai dampak negatif bagi siswa jika disalah gunakan untuk hal-hal yang negatif. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas internet ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan dapat memberi motivasi terhadap siswa agar menggunakan fasilitas internet untuk hal-hal yang postif. Apabila ada salah kata saya mohon maaf.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Posted on 04.12 by decky28 and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar