Karangan Argumentasi

“Kerangka Karangan Argumentasi”

Topik : Ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi siswa.
Tujuan : Menyakinkan pembaca bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi siswa.
Kerangka :
1. Pendahuluan
• Pengertian ekstrakurikuler
2. Isi
• Manfaat ekstrakurikuler
• Tujuan ekstrakurikuler
• Jenis-jenis ekstrakurikuler
• Penyebab siswa malas ikut ekstrakurikuler
3. Penutup
• Kesimpulan
• Saran

“PENTINGNYA EKSTRAKURIKULER”

Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan siswa sekolah, di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan dari ekstrakurikuler dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif.
Ekstrakurikuler dapat meningkatkan prestasi siswa. Hal ini dikarenakan, ekstrakurikuler dapat menyalurkan bakat dan kreatifitas siswa. Selain itu, ekstrakurikuler dapat menghidarkan siswa dari kegiatan yang kurang bermanfaat. Apalagi, ekstrakurikuler dapat meningkatkan kedisiplinan siswa. Sehingga, dengan ekstrakurikuler akan tercipta siswa yang bersikap mandiri dan berpikir cerdas. Siswa tidak perlu cemas soal biaya untuk ekstrakurikuler. Karena, ekstrakurikuler tidak memerlukan biaya yang mahal.
Ada berbagai macam jenis ekstrakurikuler antara lain PMR, PKS, KIR, pramuka, seni, olahraga dan lain-lain. Dengan banyaknya jenis ekstrakurikuler tersebut, siswa akan lebih mudah memilih untuk menyalurkan bakat dan minatnya. Dalam setiap jenis ekstrakurikuler, siswa akan melakukan kegiatan yang menyenangkan, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.
Namun, meski banyak sekali manfaat dari ekstrakurikuler, masih banyak siswa yang tidak bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dikarenakan, banyak siswa menganggap ekstrakurikuler adalah kegiatan yang membosankan. Selain itu, banyak siswa lebih suka melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. Apalagi, semakin majunya teknologi, banyak siswa malas mengembangkan bakat dan ketrampilannya.
Dengan demikian, dapat di tarik kesimpulan bahwa ekstrakurikuler tidak memerlukan biaya yang mahal dan mempunyai banyak manfaat yang penting bagi siswa. Selain itu, ada banyak jenis ekstrakurikuler yang dapat dipilih siswa sesuai dengan bakat masing-masing siswa. Namun demikian, masih banyak siswa yang belum mengetahui manfaat dari ekstrakurikuler. Oleh karena itu, sebaiknya siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan sungguh-sungguh, agar siswa dapat mengetahui manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler, serta dapat menyalurkan dan meningkatkan bakat dan ketrampilannya.
Posted on 04.16 by decky28 and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar