Judul Buku : Semangka Emas
Pengarang : Syaiful Ashari
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tebal : 24 halaman

I. Unsur Intrinsik :
1. Tema : Hikmah dari kebaikan
2. Tokoh/penokohan :
a. Saudagar
Watak : Adil
Kutipan :
“Ia kemudian memanggil kedua anaknya dan memberikan mereka harta warisan yang sama banyaknya.”
b. Muzakir : Serakah, Kikir, dan Iri hati
Kutipan :
“Muzakir sangatlah serakah dan kikir.”
“Mendengar hal ini Muzakir menjadi iri hati.”
c. Dermawan : Suka bersedekah dan jujur
Kutipan :
“Dermawan selalu bersedekah kepada fakir miskin.”
“Di sana Dermawan menceritakan secara jujur kepadanya tentang kisahnya.”
3. Amanat :
 Jadilah orang yang suka bersedekah
 Jadilah orang yang jujur
 Jangan suka iri hati pada orang lain

II. Unsur Ekstrinsik :
Nilai Ekonomi : “Setelah mendapat harta warisan, Muzakir langsung membeli rumah yang sangat besar dan kebun kelapa yang luas.”
Nilai Sosial : “Sayap burung pipit itu patah, karena merasa kasihan Dermawan langsung mengobati dan memberinya makanan.”
Nilai Moral : “Setiap hari kerjanya hanya mengumpulkan uang dan tidak peduli kepada orang-orang miskin.”


IV. Hal yang menarik :
Tokoh Dermawan
Karena, ketika Dermawan jatuh miskin, ia bisa langsung menjadi kaya lagi setelah mendapat buah semangka pemberian burung pipit yang ternyata berisi emas yang melimpah.

V. Sinopsis :
SEMANGKA EMAS
Pada zaman dahulu, di Sambas, Kalimantan Barat hiduplah seorang saudagar yang kaya raya. Saudagar tersebut mempunyai dua orang anak laki-laki. Anaknya yang sulung bernama Muzakir, dan yang bungsu bernama Dermawan.
Suatu hari saudagar itu jatuh sakit. Ia merasa usianya tidak panjang lagi. Ia kemudian memanggil kedua anaknya dan memberikan mereka harta warisan yang sama banyaknya. Beberapa hari kemudian, saudagar itu meninggal dunia.
Setelah mendapat harta warisan, Muzakir langsung membeli rumah yang sangat besar dan kebun kelapa yang luas. Muzakir sangatlah serakah dan kikir. Setiap hari kerjanya hanya mengumpulkan uang dan tidak peduli kepada orang-orang miskin. Sedangkan Dermawan sangat berbeda sifatnya. Dermawan selalu bersedekah kepada fakir miskin. Namun, karena sering bersedekah, lama kelamaan Dermawan pun jatuh miskin. Mendengar hal itu, Muzakir pun tertawa terbahak-bahak dan menganggap adiknya itu bodoh.
Suatu hari, Dermawan duduk-duduk di pekarangan rumahnya. Tiba-tiba jatuhlah seekor burung pipit di hadapannya. Sayap burung pipit itu patah, karena merasa kasihan Dermawan langsung mengobati dan memberinya makanan. Burung itu menjadi jinak dan tidak takut kepadanya. Beberapa hari kemudian, burung itu sudah dapat terbang lagi. Dermawan pun melepaskannya. Keesokan harinya, burung pipit itu kembali mengunjungi Dermawan sambil membawa sebutir biji. Dermawan tertawa melihatnya. Biji itu terlihat seperti biji biasa saja. Meskipun demikian, Dermawan senang sekali menerima pemberian burung itu. Biji itu kemudian ditanam di belakang rumahnya.
Tiga hari kemudian tumbuhlah biji itu menjadi pohon semangka. Pada mulanya Dermawan menyangka akan banyak buahnya. Tetapi ternyata, meskipun bunganya banyak, yang menjadi buah hanyalah satu. Ukuran semangka itu sangatlah besar, jauh lebih besar dari semangka umumnya. Setelah masak, Dermawan memetik buah semangka itu dan membelahnya. Setelah semangka terbelah, Dermawan pun terkejut. Isi semangka itu ternyata emas yang melimpah. Dermawan sangatlah gembira mendapatkan emas itu. Dermawan pun melihat burung pipit yang pernah ditolongnya hinggap di tiang rumahnya dan kemudian mengucapkan terima kasih. Burung itu pun kemudian terbang dan tak pernah kembali lagi.
Keesokan harinya, Dermawan membeli rumah yang bagus dengan pekarangan yang luas sekali. Semua orang miskin yang datang ke rumahnya diberinya sedekah. Dermawan tidak takut lagi jatuh miskin seperti dahulu, karena uangnya amat banyak dan hasil kebunnya melimpah. Mendengar hal ini Muzakir menjadi iri hati. Muzakir yang ingin mengetahui rahasia adiknya lalu pergi ke rumah Dermawan. Di sana Dermawan menceritakan secara jujur kepadanya tentang kisahnya.
Mengetahui hal tersebut, Muzakir langsung memerintahkan orang-orang suruhannya untuk mencari burung yang patah sayapnya. Namun setelah beberapa minggu, tidak ada satu pun orang suruhannya yang menemukan burung yang patah sayapnya. Muzakir sungguh marah. Ia gelisah memikirkan bagaimana caranya mendapatkan burung yang patah sayapnya. Setelah berpikir sejenak, Muzakir pun mendapat akal. Ia pun menyuruh suruhannya untuk menangkap burung pipit dengan apitan. Karena di tangkap dengan apitan, sayap burung pipit pun patah. Muzakir kemudian berpura-pura kasihan melihatnya dan mengobati luka pada sayap burung tersebut. Setelah beberapa hari, burung itu pun sembuh dan kemudian dilepaskan. Setelah beberapa hari, burung itu pun kembali kepada Muzakir dengan membawa sebutir biji. Muzakir sangat gembira menerima biji tersebut.
Biji pemberian burung ditanam Muzakir di tempat yang terbaik di kebunnya. Beberapa hari kemudian, Tumbuhlah pohon semangka yang subur dan berdaun rimbun. Buahnya hanya satu, ukurannya lebih besar dari semangka Dermawan. Setelah masak, Ia kemudian membelah semangka itu. Muzakir sudah tidak sabar lagi ingin melihat emas murni berhamburan dari dalam semangka itu. Namun, Baru saja semangka itu dibelah, menyemburlah dari dalam buah itu lumpur hitam bercampur kotoran ke muka Muzakir. Baunya busuk seperti bangkai. Pakaian Muzakir serta permadani di ruangan itu pun terkena siraman lumpur dan kotoran yang seperti bubur itu. Muzakir pun berlari ke jalan sambil berteriak-teriak. Orang yang melihatnya dan mencium bau yang busuk itu tertawa terbahak-bahak.
Posted on 01.42 by decky28 and filed under | 1 Comments »

1 komentar:

Unknown mengatakan... @ 6 Januari 2018 pukul 15.35

http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/ibu-hamil-sebaiknya-kurangi-minuman.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/hobi-menyanyi-seperti-yon-koeswoyo-ini.html
http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/jasad-bayi-ditemukan-di-tong-sampah.html

QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA: +62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
• BB : 2B3D83BE
Come & Join Us!

Posting Komentar